Ruang Baca

Ruang Baca

Minggu, 07 Juni 2020

Ruang Baca 7 : Namanya Massa


Judul Buku                  : Namanya Massa

Penulis                         : Ratna Indraswari Ibrahim

Penerbit                       : LkiS Yogyakarta

Tahun Terbit                : Februari, 2001

Jumlah Halaman          : 172 + Vii hlm



Kepekaan sosial jika diramu dengan analisa yang tajam dan kritis akan menghasilkan karya yang bernilai. Hal inilah yang tercermin dari buku ini. Sang penulis mampu memaparkan kepekaan sosialnya menjadi kumpulan cerita yang menarik.  Penulis menuangkan kegelisahan-kegelisahan pikirannya dalam beberapa cerita, yang bisa dibilang merupakan ekspresi kekritisan penulis terhadap ketidak-adilan, diskriminasi (terutama masalah gender), ketidakberdayaan dsb. Penulis dengan apik membedah fenomena-fenomena sosial budaya dan politik menjadi substansi cerita, yang tidak hanya kritis tetapi juga mudah dicerna dan dipahami oleh semua kalangan pembaca. Sehingga misi dari cerpen ini dapat tersampaikan ke benak pembaca, tidak hanya satu kalangan pembaca tetapi meliputi banyak kalangan pembaca.

Buku ini dipaparkan dengan gaya penceritaan yang ringan, alur cerita yang mengalir lancar serta penggunaan bahasa yang rumit. Sehingga buku kumpulan cerpen ini sangat mudah untuk dibaca dan tanpa terasa membuat para pembaca ingin membaca buku ini sampai tuntas.

Pada akhirnya, dari buku ini kita belajar bahwa ada banyak fenomena yang ada di sekitar kita yang dapat menjadi hikmah dan pembelajaran bagi kehidupan kita. Jadi, baca realita!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar