Ruang Baca

Ruang Baca

Minggu, 28 Juni 2020

Ruang Baca 28 : Orang-Orang Tercinta, ( Kumpulan Cerpen Anak )

Pada edisi bulan Juni ini, Hira menulis tentang ruang baca. Sebuah edisi khusus yang membahas tentang buku-buku yang ‘dulu’ pernah Hira baca. Hira menuliskan kembali catatan-catatan tentang buku yang pernah Hira baca tersebut di edisi ruang baca. Meskipun dengan segala keterbatasan tulisan dan bahan.
So, Check this one !



Judul Buku                  : Orang-Orang Tercinta
Penulis                         : Soekanto SA
Penerbit                       : Penerbit Buku Kompas
Tahun Terbit                : Februari 2006
Jumlah Halaman          : xii + 160 hlm

Mengapa harus mereview buku anak? Karena saya pikir penting sekali untuk merekomendasikan buku anak. Di tengah serbuan gadget dan game yang banyak membuat anak kecanduan. Buku ini adalah alternatif yang tepat untuk mengisi masa tumbuh kembang anak. Sebuah buku yang ditulis dengan sederhana tapi penuh makna, tanpa menggurui atau mendikte anak. Di sinilah kualitas buku ini berbicara. Sang penulis buku ini bisa dibilang adalah pakar dalam penulisan cerita anak. Beliau sudah malang melintang dalam dunia kepenulisan cerita anak-anak. Kisah biasa sehari-hari dapat beliau ramu menjadi cerita yang menarik. Beliau mengisahkan kisah biasa tersebut dengan bahasa yang sangat membumi, begitu khas dengan dunia anak.

Sebenarnya, buku-buku seperti inilah yang perlu diperbanyak sebagai bekal bacaan yang bermutu bagi masa depan anak. Ibarat makanan bergizi, buku ini adalah asupan yang tepat bagi pendidikan anak. Buku ini memberi kebebasan untuk berimajinasi, tidak bersifat mendikte seperti game atau televisi. Anak tidak dipaksa harus begini atau begitu, tapi dengan kisah keteladanan yang sederhana, anak bisa mulai memikirkan mana yang buruk dan baik.

Pendek kata, buku ini adalah buku yang tepat untuk mengisi koleksi bacaan anak, sangat tepat juga untuk bahan literasi di sekolah-sekolah dasar dan menengah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar