Ruang Baca

Ruang Baca

Kamis, 25 Juni 2020

Ruang Baca 25 : Penyamun Dalam Rimba

Pada edisi bulan Juni ini, Hira menulis tentang ruang baca. Sebuah edisi khusus yang membahas tentang buku-buku yang ‘dulu’ pernah Hira baca. Hira menuliskan kembali catatan-catatan tentang buku yang pernah Hira baca tersebut di edisi ruang baca. Meskipun dengan segala keterbatasan tulisan dan bahan.
So, Check this one !



Judul Buku                  : Penyamun Dalam Rimba
Penulis                         : Mochtar Lubis
Penerbit                       : BP Pustaka Jaya
Tahun Terbit                : 1972
Jumlah Halaman          : 124 hlm


Kenapa harus review buku anak? Karena saya ingin membahas buku-buku untuk anak yang bagus untuk perkembangan anak dan tentunya dengan membahasnya saya ingin merekomendasikan buku tersebut. Yep, sejujurnya jika ditanya buku anak yang bagus maka saya akan merekomendasikan buku ini. Buku-buku hasil terbitan Balai Pustaka memang tidak ada gantinya, kualitas cerita dan teknik penulisan bukunya bagus. Mungkin buku-buku seperti ini sudah susah dicari, bisa jadi hanya ada di perpustakaan, di pasar loak atau koleksi pribadi.

Buku anak yang satu ini termasuk kategori buku jadul, karena terbit hampir 50 tahun yang lalu. Kenapa tetap saya rekomendasikan untuk buku bacaan anak. Yep, karena isinya yang bermutu. Seharusnya memang seperti inilah buku cerita anak itu. Kisah petualangan ketiga anak remaja yang berpetualang dengan pamannya dalam menjelajahi Hutan Sumatera. Sebuah buku yang langka, karena jarang sekali keindahan hutan kita yang dikisahkan dengan detil dalam buku. Mungkin bagi kita luasnya hutan tersebut tinggal menjadi kenangan karena beberapa puluh terakhir pembukaan hutan untuk pemukiman dan keperluan lainnya tak terelakkan. Hutan masih ada, tapi tentunya tidak seluas tahun 70-an.


Kisah petualangan di buku ini begitu mengasyikkan, kita bisa membaca bagaimana serunya petualangan di alam bebas, mandi di sungai, berburu ikan, mendirikan tenda dari kayu dan atap dari daun-daun hutan. Melihat secara langsung hewan-hewan liar yang hidup di hutan, melihat secara langsung bunga-bunga hutan dan tanaman yang hanya ada di hutan. Saya rasa, buku seperti inilah yang perlu diperbanyak agar anak-anak dan remaja mulai mencintai hutan dan membantu menjaganya. Banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari buku ini, meskipun kisah pemaparannya sederhana tapi isinya sangat bermakna. Tidak perlu diragukan lagi kualitas penulisan buku ini, karena buku ini karya dari maestro penulis tanah air, Bung Mochtar Lubis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar