Ruang Baca

Ruang Baca

Sabtu, 06 Juni 2020

Ruang Baca 6 : Membaca Watak dan Pikiran

Pada edisi bulan Juni ini, saya menulis tentang ruang baca. Sebuah edisi khusus yang membahas tentang buku-buku yang ‘dulu’ pernah saya baca. saya menuliskan kembali catatan-catatan tentang buku yang pernah saya baca tersebut di edisi ruang baca. Meskipun dengan segala keterbatasan tulisan dan bahan (karena saya tidak bisa menyertakan foto dari buku-buku tersebut karena kebetulan buku yang saya baca tersebut buku pinjaman di perpustakaan atau di rumah baca) maka dengan sangat terpaksa tidak ada dokumentasinya.

So, Check this one !


Judul Buku                  : Membaca Watak dan Pikiran

Penulis                         : Drs. Rudy Hariyono

Penerbit                       : Putra Pelajar

Tahun Terbit                : Cetakan Pertama, 2000

Jumlah Halaman          : 140 hlm



Setiap hari kita bertemu sosok orang yang berbeda dan pastinya sosok-sosok tersebut mempunyai karakter/watak kepribadian yang berbeda juga : ada sosok yang karakter kepribadiannya ceria dan periang, ada yang pendiam, ada yang pemberontak, ada yang penolong, ada yang penyabar dan ada juga yang emosian. Kita tidak menginginkan karakter-karakter/watak kepribadian yang berbeda tersebut mengganggu kehidupan kita, karena pastinya kita menginginkan kehidupan yang tentram dan damai ketika hubungan komunikasi dengan orang lain.

Namun pada kenyataannya, hubungan komunikasi dengan orang lain itu ibarat bermain detektif. Kadang, kita harus menduga-duga bagaimana karakter/watak si A, karakter/watak si B, dan karakter/watak si C. Menduga-duga apa yang mereka senangi dan apa yang mereka benci. Maka karena tujuan menduga dan memahami karakter/watak itulah buku ini ditulis. Sang penulis dari buku ini memaparkan bagaimana cara-caranya agar kita mampu membaca watak dan pikiran seseorang. Sehingga diharapkan kita mampu berhubungan komunikasi dengan orang lain secara tepat, efektif dan positif.

Penulis menguraikan watak seseorang melalui warna kesukaan, gerakan telapak tangan, isyarat mata, gerakan di sekitar wajah, gerakan tubuh, hobi dan perabotan rumah yang dipilih. Semuanya dipaparkan oleh sang penulis secara lengkap beserta keterangannya sehingga bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada akhirnya, buku ini telah menawarkan bacaan psikologis yang menarik, sehingga memungkinan agar dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena dengan kemampuan membaca watak dan pikiran orang lain, kita dapat menjaga diri dan lebih hati-hati.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar