Ruang Baca

Ruang Baca

Kamis, 04 Juni 2020

Ruang Baca 4 : CERMIN HATI, Kisah-Kisah Hikmah dan Keteladanan

Pada edisi bulan Juni ini, saya menulis tentang ruang baca. Sebuah edisi khusus yang membahas tentang buku-buku yang ‘dulu’ pernah saya baca. saya menuliskan kembali catatan-catatan tentang buku yang pernah saya baca tersebut di edisi ruang baca. Meskipun dengan segala keterbatasan tulisan dan bahan (karena saya tidak bisa menyertakan foto dari buku-buku tersebut karena kebetulan buku yang saya baca tersebut buku pinjaman di perpustakaan atau di rumah baca) maka dengan sangat terpaksa tidak ada dokumentasinya.


So, Check this one !

Judul Buku                  : CERMIN HATI, Kisah-Kisah Hikmah dan Keteladanan
Penulis                         : Saikhul Hadi
Penerbit                       : Cinta Pena
Tahun Terbit                : Pebruari 2005
Jumlah Halaman          : 212 hlm

“Derajat dan ketakwaan seseorang tidak diukur dari dari baju luarnya, tetapi dari dalam hatinya. Bajunya mungkin sufi, tetapi hatinya angkara; bajunya mungkin dasi, tapi hatinya surga.”
Kalimat di atas merupakan penggalan dari buku ini, secara tidak langsung  sang penulis buku ini mengajak kita untuk bercermin kepada hati kita. Karena dengan hatilah kita bisa berkaca apakah yang kita lakukan itu baik, benar, buruk, menyakiti, bernurani atau tidak bernurani, bermoral atau tidak bermoral.

Buku ini membedah masalah agama, langsung melalui sebuah kisah. Sehingga aktivitas ibadah itu nyata, dipraktekkan bukan hanya berupa jargon-jargon atau teori saja. Tetapi juga penerapannya dalam kehidupan nyata. Mungkin kalimat di bawah ini secara tepat menggambarkannya. “Hakikat ibadah itu terletak pada maknanya bukan pada ritualnya.”

Religiusitas tidak diukur dari kulit luar tapi menghujam ke dalam yaitu hati. Buku ini membuat kita merenung dan intropeksi diri apa yang kita lakukan, apa yang menjadi dasar hidup ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar