Ruang Baca

Ruang Baca

Jumat, 09 Desember 2016

Menyapa Kubah Emas

Meski saya sudah tinggal di sini dari tahun 2002, tapi baru pertama kali ini saya ngebolang ke salah satu masjid yang banyak dikagumi keindahannya, iya namanya masjid Kubah Emas. Masjid ini menjadi kebanggaan warga Depok dan tak pernah sepi dikunjungi oleh kaum muslimin.
Letaknya yang berada di pinggiran kota Depok membuat areal masjid ini nyaman dikunjungi. selain arealnya yang luas, masjid ini juga dilengkapi dengan taman serta beberapa fasilitas pelengkap seperti aula tamu, tempat suvenir dsb.
fasilitas-fasilitas tersebut dipisahkan dari masjid utama yang hanya dipergunakan khusus untuk ibadah. selain waktu-waktu sholat, pengunjung tidak diperkenankan masuk ke masjid.
Ada yang unik dari pintu masuk ke bagian masjid yang diperuntukkan khusus untuk kaum perempuan, gerbang tersebut mengingatkan saya pada bangunan-bangunan di Timur Tengah
yang di bawah ini gambar tampak belakang dari gerbang tersebut
setelah gerbang unik tersebut pengunjung perempuan akan disambut kolam yang berada di kanan-kiri serambi masjid
setelah melewati serambi tersebut kita akan disambut ruang terbuka yang dikelilingi serambi masjid. sejujurnya ruang terbuka ini mengingatkan saya pada masjid-masjid di Timur Tengah dan harus pula saya akui,bahwa bagian ini adalah favorit saya dari masjid ini. Entah kenapa ruang luas ini memiliki dimensi tersendiri di mata saya (:D abaikan!)
Mengenai bagian dalam masjid saya enggak mau berkomentar banyak, ya selain karena masjid adalah tempat ibadah saya ngerasa enggak pada tempatnya untuk moto-moto orang yang sedang beribadah. saya lebih fokus moto langit-langit masjid yang bagian tengahnya dihiasi lampu cantik daripada ngebahas desain dinding-dinding dalam masjid
Bagi warga yang tinggal di Jakarta dan Tangerang, masjid ini bisa dijangkau dari arah Lebak Bulus ke Cinere lalu ke Lokasi masjid. sedang bagi warga yang tinggal di Bogor,Depok dan Bekasi, masjid ini bisa dijangkau dari arah Parung Bingung.

2 komentar:

  1. akhirnya setelah setahun, kembali ngepost lagi.
    baru tau masjid ini ada di depok, nggak pernah kesana abisnya.
    Maybe someday.

    after all, welcome back to blogging world :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pitnah bro..bru 10 bln kok sy g ngepost^^blm setaun.
      ya kali2 aj ngebolang keliling Jawa,mampirlah k masjid ni sambil nyoba kue moci Depok.
      tengkiyu,....

      Hapus