Ruang Baca

Ruang Baca

Jumat, 29 Desember 2017

Nanem Pohon, Kenapa Tidak?

Awalnya saya mau ngasih tulisan ini dengan judul suka duka nanem pohon. "Lol" Benar-benar judul yang enggak banget sampai akhirnya saya nemu judul yang satu ini. Nanem pohon, kenapa tidak?
Seringkali kita dengar gerakan nanem pohon, biasanya kegiatan nanem tersebut rame-rame dan diorganisir. Well, kenapa tidak kita juga nanem sendiri mulai dari lingkungan terdekat kita. Misalnya dari halaman rumah kita atau lahan-lahan kosong yang kita miliki. Lalu bagaimana caranya kalau kita tidak memiliki lahan kosong? Gampang....sekarang sudah banyak sekali cara nanem untuk yang tak punya lahan, dan cara nanem di lahan yang terbatas. Kita bisa pake teknik tambulampot (nanem pohon buah dalam pot), teknik vertical garden dan sebagainya.
Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari nanem pohon selain dapat oksigen gratis dari pohon tersebut, kita juga dapat memetik buahnya kalau pohon tersebut berbuah (asal yang ditanam pohon buah yak bukan palem atau pohon bambu). Memetik buah dari hasil nanem sendiri itu benar-benar tak bisa diungkapin dengan kata-kata (mulai lebay deh), pokoknya jauh lebih berkesan daripada beli di pasar buah. Selain itu dengan nanem pohon atau tanaman kita telah menanam satu buah kebaikan di bumi ini (ceileh....ini bonus plusnya).
Suka dukanya apa klo nanem pohon?, banyak juga apalagi kalau kita pulang ke rumah, capek-capek dan ngeliat halaman rumah kita sudah penuh dengan guguran daun dari pohon tersebut. Itu benar-benar momen yang emosional banget, antara pengen jerit, kesel dan senyum gigit-gigit bibir :D yep diasyikin aja kondisi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar