Ruang Baca

Ruang Baca

Senin, 25 Desember 2023

Sekolah atau tidak sekolah?

 Tanpa kita sadari terkadang kita mendengar pernyataan seseorang bahwa tidak perlu sekolah klo memang ingin sukses? Sedangkan di sisi lain kita juga melihat bagaimana peran sekolah mengubah nasib anak marjinal menjadi kesuksesan. Lalu dari kedua kondisi tersebut mana yang paling benar? 





Untuk menjawab pernyataan tersebut kita kembali ke belakang dulu, kisah salah satu negara maju yang dulu pernah dibom atom oleh pihak tentara sekutu, ya saat itu Jepang kalah perang setelah Hiroshima dan Nagasaki dibom atom, satu hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan guru, menghidupkan kembali sekolah, sampai akhirnya terbukti Jepang menjadi salah satu negara maju dalam teknologi. Dari kisah ini kita bisa tahu pentingnya sekolah dan pendidikan yang bagus di suatu negara. 



Lalu jangan kita pungkiri kenyataan bahwa ada juga beberapa orang yang sukses meskipun tidak mengenyam bangku sekolah. Karena sejatinya pendidikan itu bukan hanya di bangku sekolah. Selama manusia itu mau belajar keras, bisa sukses juga meskipun tidak menempuh bangku sekolah formal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar