Ruang Baca

Ruang Baca

Minggu, 31 Desember 2023

Tanaman Pekarangan

 Dulu, biasanya di setiap halaman rumah, ada berbagai jenis tanaman. Terkadang tidak cuma ada tanaman hias, tapi juga ada tanaman sayur-mayur, tanaman buah. Bahkan ada juga yang sengaja menanam tanaman obat. 



Seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan tersebut mulai terkikis sedikit demi sedikit. Terkadang dengan alasan malas, dan alasan kesibukan membuat manusia semakin ingin praktis. Tidak mau bersusah payah menanam pekarangan. Bahkan terkadang semua halaman rumahnya diplester atau dipasangin ubin. Biar lebih praktis dalam membersihkan.



Padahal kebiasaan sejak zaman nenek moyang ini sangat bagus, dengan tanaman pangan di halaman rumah setidaknya kita tidak terlalu bergantung pada pedagang bahan. Terus dengan menanam tanaman di pekarangan itu sama saja dengan menyumbang oksigen di bumi. Tanaman yang ditanam bisa digunakan untuk penghijauan.


Memang tidak mudah menanam tanaman bagi orang yang memiliki waktu luang sedikit, apalagi ditambah dengan lahan untuk menanam semakin sempit. Butuh usaha dan ketekunan yang tidak sedikit untuk menanami lahan pekarangan. Tidak semua orang mau melakukannya.


Meskipun tidak mudah tapi sangat worth it dengan kegiatan tanam-menanam ini bisa jadi kegiatan terapi bagi yang nanam, pelepasan dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar