Ruang Baca

Ruang Baca

Rabu, 06 Januari 2021

Ruang Hijau : Harumnya Bunga Kemuning

 Ada pengalaman mengesankan saat nanem bunga kemuning. Alkisah saya bangun jam 2 dini hari mo ke kamar kecil, saat sudah dekat kamar mandi saya kaget banget ketika ada bau yang wangi banget, pikiran langsung negatif kemana-mana :D usut punya usut, paginya pas cerita ke orang rumah dibilangin klo itu bau bunga kemuning yang ditanem di sekitar rumah. Well, pengalaman saya ini enggak beda jauh sama tetangga sebelah rumah saya, karena dia belum tahu klo bau wangi tersebut bau bunga kemuning maka tiap malem, dia udah deg-degan duluan, seluruh lubang angin rumahnya ditutup dengan kain biar enggak nyium bau wangi tersebut :D

Iya, bunga kemuning terkenal dengan baunya wangi banget, selain bunganya yang indah, tanaman ini juga bisa dibuat bonsai. 


Budidaya bunga kemuning tidak terlalu sulit, pembibitan bunga ini bisa didapatkan dengan dua cara yaitu  yang pertama dengan cara menanam biji kemuning, yang kedua dengan cara stek. Setelah bunga kemuning gugur akan muncul biji kemuning, awalnya biji kemuning berwarna hijau, setelah tua biji kemuning tersebut akan berubah warna menjadi merah. Biji yang berwarna merahlah yang ditanam. Untuk cara stek, kita bisa pilih batang bunga kemuning yang sudah tua dan bagus, potong batang tersebut 30-50 cm. Tancapkan stek  batang tersebut ke tanah/media tanam. Biasanya saya buat stek batang kemuning itu saat musim hujan, saat ideal untuk menanam bunga. Asal jangan sampai tergenang air, karena jika airnya kebanyakan akar-akar kemuning susah tumbuh.





2 komentar:

  1. Aku jugaaaa!!!

    Kadang nyium bau wangi malam2 pas lewat mana gitu.


    Mungkin ini bisa dijadikan alasan supaya tetap tenang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyknya beda ^^
      Karena kamunya bisa liat alam begituan, jd banyak yg pengen eksis malem2 :D

      Hapus