Ruang Baca

Ruang Baca

Selasa, 01 Januari 2019

Bersedekah Tidak Harus Mahal


Bersedekah emang enggak harus nunggu kita kaya dulu, enggak punya uang pun kita bisa bersedekah. Kira-kira apa ya yang akan kita sedekahkan klo kita enggak punya uang. Berikut ni list sedekah tanpa biaya (versi saya lo ya😂) 
  •  Sedekah air bekas wudhu. Terkadang kita enggak nyadar klo air yang kita gunakan untuk wudhu itu bisa kita manfaatin. Cobalah sekali-kali, air yang kita gunakan untuk wudhu kita tampung dalam ember air.  Teruss kita sedekahin kemana air wudhu tersebut? Tentunya enggak mungkin kan klo air wudhu tersebut kita konsumsi 😎 Kita bisa menyedekahkan air bekas wudhu kita ke tanaman. Siramkanlah air bekas wudhu tersebut ke tanaman-tanaman yang membutuhkan air. 
  • Sedekah tulang ikan. Seringkali klo kita makan ikan gurame, ikan lele dan ikan lainnya itu banyak banget tulang ikannya. Sekali-kali, kumpulkanlah tulang-tulang ikan tersebut dalam satu wadah. Lalu sedekahkan tulang-tulang tersebut ke kucing atau hewan-hewan lainnya yang memakan tulang. Kita enggak perlu punya kucing dulu untuk bersedekah, kita bisa sedekahkan tulang ikan tersebut ke kucing-kucing liar tau kucing orang lain.
  • Sedekah buah tanaman. Tanamlah sebuah pohon buah, klo kita tak punya lahan uituk menanam pohon tersebut, kita bisa menggunakan teknik tambulampot. bibit tanaman buah tersebut kita tanam di pot dengan tanah yang diberi pupuk. Setelah tanaman tersebut berbuah, sedekahkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar