Ruang Baca

Ruang Baca

Rabu, 07 Maret 2018

Membuat Sampul Hiasan Untuk Buku Tulis

Terkadang buku tulis yang Hira miliki sampulnya plain dan ngebosenin. Mo nyampulinnya dengan plastik atau kertas sampul kayaknya sudah biasa. So, Hira pun ngakalinnya dengan membuat sampul hiasan baru. Kalian pun bisa mencobanya di rumah >_<
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sampul, sbb:
  1. Buku tulis
  2. Pelepah pisang, dengan dua warna yang berbeda. Tips dari Hira: pelepah pisang yang digunakan sebaiknya yang sudah kering, bahan ini bisa didapat dari sekitar rumah kita klo kita punya batang pisang. Tetapi klo tidak ada batang pisang di sekitar rumah kita, bahan ini bisa dibeli di toko handycraft atau toko buku.
  3. Kulit kayu
  4. Tali Rami 
Alat-alat yang digunakan, sbb:
  1. Lem Uhu.
  2. Gunting
Langkah-langkah untuk membuatnya:
Gunting pelepah pisang dengan pola memanjang: ukuran pelepah pisang yang pertama adalah panjang 25 cm dan lebar 1,5 cm. Sedangkan ukuran pelepah pisang yang kedua adalah panjang 45 cm dan lebar 3 cm. Jalin kedua pelepah tersebut menjadi anyaman sulaman lalu rekatkan ke cover buku tulis kita dengan lem uhu.
langkah selanjutnya gunting kulit kayu dengan ukuran panjang 20 cm dan lebar  7 cm. Rekatkan kulit kayu ini di bagian tengah buku. Hasilnya seperti di bawah ini
Untuk hiasannya, kita bisa menggunakan tali rami kecil yang kita gunting membentuk pola huruf yang kita inginkan. Guntingan tali tersebut kita tempelkan ke kulit kayu dengan lem uhu.
Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar