Ruang Baca

Ruang Baca

Sabtu, 10 Maret 2018

Membuat Bunga Hias dari Klobot Jagung

Hira enggak tahu apa nama klobot jagung klo di tempat lain, penutup biji jagung ini didapat kalau kita membuka jagung yang akan digunakan dan biasanya bahan ini selalu dibuang. Jadi agar bahan ini tidak terbuang sia-sia, kita bisa memanfaatinnya untuk membuat bunga hias.
Bahan-bahan untuk membuat bunga hias dari klobot jagung, sbb:
  1. Klobot jagung, ada tiga warna klobot jagung yang digunakan.
  2. Pelepah pisang, sebaiknya pelepah pisang yang digunakan sudah diwarnai dengan warna hijau. Bahan ini digunakan untuk membuat daun hias.
  3. Potongan bambu, untuk membuat batang bunga, gunakan potongan bambu dengan ukuran diameter kurang lebih 0,5 cm dengan panjang 16 cm dan 10 cm.
Alat-alat yang digunakan, antara lain:
  1. Gunting
  2. Lem Uhu
How to make it (sekali2 nginggris^^) :
Klobot jagung diwarnai dengan tiga warna yang berbeda, kalau tidak sempat mewarnai, beli saja bahan jadi di toko handycraft. Setelah diwarnai, klobot jagung digunting membentuk kelopak bunga, ada empat kelopak bunga yang dibuat. Tips dari Hira: karena klobot jagung merupakan bahan yang agak kaku maka sebaiknya berhati-hati saat membentuknya agar bahan tidak sobek. Setelah digunting, klobot jagung jangan langsung dilem dengan lem Uhu tapi sebaiknya klobot jagung tersebut dilemaskan dulu dengan cara menggulungnya dengan kayu. Setelah itu baru klobot jagung tersebut dilem ke potongan bambu. Untuk membuat daunnya, buat pola daun di pelepah pisah lalu gunting dan tempelkan ke potongan bambu. Kemudian, lapisi potongan bambu tersebut dengan pelepah pisang. Setelah rapi letakkan batang bunga hias tersebut ke dalam pot.

2 komentar: