Ruang Baca

Ruang Baca

Senin, 05 Maret 2018

Membuat Bunga Hias Dari Kain Bekas

Bahan-bahan yang Hira gunakan untuk membuat bunga hias ini sbb:
  1. Kain bekas, kain yang Hira gunakan adalah kain bekas dari tas besek, biasanya kain jenis ini juga sering digunakan sebagai bahan tas kanvas yang tipis. Kalaupun tas kain jenis ini tidak ada, bahan bisa diganti sesuai dengan kain bekas yang dimiliki.
  2. Potongan bambu dengan diameter 0,5 cm, ukuran bisa disesuaikan dengan bunga yang akan dibuat. Panjang potongan bambunya bervariasi: ada yang berukuran 30 cm, 20 cm dan 15 cm.
  3. Pelepah pisang kering yang sudah diwarnai dengan warna hijau, bahan ini digunakan untuk membuat daun. Apabila bahan ini tidak ada, dapat diganti dengan kain bekas atau bisa juga menggunakan daun artifisial.
  4. Tempat bekas selai roti sebagai pot. 
Alat-alat yang digunakan:
  1. Lem Uhu, bisa juga menggunakan lem tembak. Atau kalau tidak ada dua-duanya bisa menggunakan lem aica
  2. Gunting
  3. Jangka dan pensil, untuk membuat pola di kain. Tips dari Hira: kalau jangka tidak ada, gunakan saja benda-benda yang berbentuk lingkaran untuk membuat pola. Misalnya menggunakan double tip, tempat jarum atau tutup kaleng untuk membuat pola lingkaran
Cara Membuatnya:
Buat pola lingkaran di kain bekas dengan berbagai ukuran. Gunakan jangka dan pensil untuk hasil yang maksimal. Misalnya pola yang dibikin adalah lingkaran dengan ukuran diameter 10 cm, 8cm dan 6 cm, kemudian gunting pola tersebut, setelah itu gambar pola di kain yang berbeda dengan cara yang sama. Setelah didapatkan beberapa lingkaran. rekatkan 3 ukuran lingkaran tersebut dengan lem, ukuran yang paling besar di bawah lalu yang sedang di atasnya dan yang kecil paling atas. Setelah itu lipat lingkaran tersebut menjadi setengah lingkaran. Kemudian lem setengah lingkaran tersebut dengan potongan bambu. Untuk membuat daun, buat pola daun di pelepah pisang kering lalu gunting. setelah jadi rekatkan di potongan bambu. Setelah bunga dan daun hias direkatkan dengan potongan bambu, jadilah bunga hias dengan batang bunganya. Terakhir, letakkan batang bunga tersebut di tempat bekas selai roti. Tips dari Hira: agar batang bunga tidak berubah-ubah posisinya, isi tempat bekas selai roti tersebut dengan pasir lalu tancapkan batang-batang bunga hias tersebut ke dalam pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar