Ruang Baca

Ruang Baca

Jumat, 03 Juli 2015

Musashi : Semangat dari Jepang

Orang biasa akan luar biasa jika dia tahu dirinya orang biasa, Dan
Karenanya dia selalu mencoba meningkatkan diri
_Miyamoto Musashi_

Musashi bukan orang luar biasa, ia hanya ronin miskin dari propinsi Mimasaka Jepang (pada awal pemerintahan Shogun). Masa kecil Musashi tidak istimewa, ia adalah bromocorah kecil yang dianggap sampah oleh masyarakat. Ia mungkin hanya akan menjadi penjahat kampung jika tidak bertemu Takuan, Pendeta Zen sekaligus guru yang berhasil menjinakkannya. Berkat pendeta ini pulalah Musashi mendapat pencerahan dan memutuskan untuk mendalami ilmu pedang. Serupa dengan gurunya, Musashi berusaha menggabungkan Zen dengan ilmu pedang yang dipelajarinya. Musashi pun bertahun-tahun mengembara keliling Jepang untuk memperdalam ilmu pedang dan mengasah filsafat Zen-nya. Selama itu pulalah ia mengadakan latihan, pertempuran dan uji tanding dengan ahli pedang dari berbagai penjuru Jepang.
Tidak ada yang luar biasa pada bakat Musashi, yang menjadikannya luar biasa adalah ia menyadari kekurangan dirinya dan karena itulah ia selalu meningkatkan diri. Ia tidak mau pasrah dengan pemberian Tuhan. Ia menyemangati dirinya untuk selalu lebih baik dan lebih baik lagi. Ia selalu berusaha mengasah bakat-bakatnya dengan sebaik-baiknya dan selalu berdisiplin dengan latihannya tersebut. Sehingga ia pun berhasil menjadi maestro samurai yang terkenal, ahli Zen serta sempat menulis beberapa buku tentang permainan pedang dan Zen.
Itulah Musashi: seorang maestro yang tidak diragukan lagi kemampuan pedangnya. Ia selalu menyemangati dirinya untuk belajar lebih keras dan lebih keras lagi. Ia memang sering jatuh, dihina, dilecehkan dan ditertawakan orang tetapi ia tidak mau peduli, ia tetap melawan keterbatasan dirinya. Ia telah menunjukkan pada bangsa Jepang bahwa "bakat" bukan satu-satunya jalan untuk sukses atau berhasil.
Pantas jika Musashi menjadi salah satu ikon semangat orang  Jepang. Ia adalah penggambaran orang biasa yang tidak pernah menyerah dengan keterbatasan dirinya. Memang, ia tidak menjalani hidupnya dengan mudah akan tetapi semangatnya dalam memperjuangkan hidupnya telah menginspirasi banyak orang untuk terus bersemangat dan hidup lebih baik lagi


4 komentar:

  1. paling suka bagian 'dan selalu berdisiplin dengan latihannya', ah jleb jleb... >.<"
    sy masi suka males-malesan :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angguk-angguk...sbg pengingat qt u bljr semangat k mrk.
      Sy jg failed u mslh disiplin, klo inget ya dilakuin tp klo g mood ya males-malesan :D

      Hapus
  2. jadi itu nama orang ya, kirain istilah apa gitu xixixiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he...iya sis, musashi itu ahli samurai yg tkenal d jepang sono. Klo mau baca kisahnya ada buku novel musashi yg sdh diterjemahin gramedia ><

      Hapus