Ruang Baca

Ruang Baca

Kamis, 03 September 2015

Belok Ke Kanan: Pantai, Ke Kiri: Pantai





Di musim kemarau panjang yang kering begini, enaknya ngebolang ke tempat-tempat yang banyak airnya seperti pantai, danau, pemandian dsb. Kebetulan tahun ini saya berkesempatan untuk mengunjungi pesisir pantai utara Jawa lebih tepatnya pantai-pantai di kawasan Tuban.
Sungkem dulu ya buat kawan-kawan yang tinggal di Tuban. Yap benar sekali kawan, Tuban adalah sebuah kota kabupaten di Jawa Timur yang posisinya sejajar dengan pantai utara Jawa. Sebenarnya pantai-pantai di kabupaten ini tak semenakjubkan pantai-pantai yang ada di kawasan Indonesia Timur. Tapi untuk melepaskan penat dan mensyukuri nikmat-Nya patutlah pantai-pantai di kabupaten ini dikunjungi. Salut juga untuk pemerintah kabupaten Tuban yang sudah bekerja keras menata dan meperindah pantai-pantai di kabupaten ini. Semoga langkah ini bisa diteladani oleh kabupaten-kabupaten lain di seluruh nusantara



Hayukkk kita mulai saja ngebolang dari wilayah barat Tuban lebih tepatnya di Mangrove Center. Fungsi pantai di kawasan ini sudah jelas yaitu sebagai tempat konservasi alam untuk membudidayakan tanaman-tanaman mangrove. Ada beberapa lahan di pinggir pantai ini yang khusus digunakan untuk pembibitan mangrove. Tapi jangan khawatir bagi kalian-kalian yang suka berkemah di pantai, pihak pengelola pantai ini menawarkan areal khusus untuk perkemahan, tempatnya lumayan luas dan lengkap fasilitasnya. Jangan khawatir juga bagi kalian-kalian yang hanya ingin menikmati kawasan pantai dan deburan ombak, areal pantai ini cukupp nyaman digunakan untuk menikmati suasana pantai (kalau saya bandingkan dengan kawasan pantai di Anyer atau Ancol hehe....kayaknya lebih enakan di sini deh karena suasananya lebih alami, peace!).



Setelah puas menikmati pantai dan rujakan buah di mangrove center, saya beranjak ke sisi timur Tuban. Saya sempat mengambil beberapa angle suasana pantai di beberapa sudut Tuban, diantaranya:.
Pantai di pinggir terminal baru Tuban
Suasana di sini lumayan hening, mungkin karena tempatnya yang agak di luar kota maka fungsi terminal di tempat ini kurang dimanfaatkan. Tapi jangan salah suasana pantainya lumayan menjanjikan juga. Andaikan dikhususkan untuk tempat hang-out gitu asyik banget^^



Pantai di pinggir Mushola tinggi.
Kalau kalian ingin sholat dengan diiringi suara deburan ombak disinal tempatnya^^




Pantai Panyuran
Sebenarnya kawasan pantai ini tidak sebegitu luas, tempatnya tersembunyi dari balik rimbunan pohon-pohon kelapa yang banyak tumbuh di kawasan ini. Suasananya begitu teduh dan sejuk. Hanya saja bagi kalian yang ingin suasana personal tempat ini tidak disarankan karena pengunjungnya yang lumayan ramai.


Pantai Boom
Inilah tujuan terakhir dari deretan pantai Tuban yang saya kunjungi. Yep, saya ingin mengabadikan matahari terbenam di tempat ini. Dengan biaya karcis sebesar 2500 saya bisa menikmati suasana temaram senja di Tuban. Pengunjung tempat ini banyak tapi berhubung tempatnya yang lumayan luas dan tertata rapi tempat ini sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset. Nampak di sebelah barat pantai, para nelayan memperbaiki perahu motornya. Di sebelah kiri tampak semarak dengan kerlap-kerlip lampu dari bangunan yang ada di Tuban.

Ada satu hal yang sangat disayangkan dari pantai-pantai ini yaitu sampah. Ini bukan hanya pr bagi pemerintah kabupaten dan dinas pariwisatanya tetapi juga bagi pengunjung dan masyarakat. Kesadaran mereka sangat penting karena sangat disayangkan jika pantai-pantai yang potensial ini dikotori limbah manusia dan segala aktivitasnya.


well, adzan magrib sudah berkumandang, sudah waktunya ngebolang ini diakhiri.

2 komentar:

  1. waw keren sekali postingan ini, wisata pantai di Tuban *jempol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenere masih kalah jauh sm pesona senpu, sis.... Tp yah lumayan u momen rujakan d pinggir pantai kekeke

      Hapus