Ruang Baca

Ruang Baca

Jumat, 31 Juli 2020

Yuk Menanam Pohon

Jangan pergi meninggalkan bumi ini tanpa menanam pohon atau tumbuhan lainnya? Eits, seberapa pentingkah menanam pohon sampai saya harus menulis pernyataan tersebut. Pelan-pelan mari kita urai apa dan mengapa harus menanam pohon dan tumbuh-tumbuhan. 



Pertama, tanpa kita sadari setiap hari kita berhutang budi pada pohon dan tumbuh-tumbuhan, kok bisa? Ya bisalah, karena setiap kita mengkonsumsi oksigen yang dihasilkan oleh pohon dan tumbuh-tumbuhan (walaupun tidak semua oksigen berasal dari tumbuhan). 


Yang kedua tanpa kita sadari, kita sering memakai produk-produk dari pohon dan tumbuhan, contohnya kita memakai tissu yang bahannya dari pohon, kertas-kertas tulis yang juga berasal dari pohon, furnitur-furnitur yang terbuat dari kayu dll. 


Yang ketiga, kita telah menikmati keindahan dan kenyamanan karena adanya pohon dan tumbuhan. Bayangkan kita hidup di dunia yang makin sempit dan padat bangunan, panas matahari yang biasanya diserap oleh hutan, tanah lapang dan air. Tetapi sekarang sudah langsung diserap bangunan-bangunan buatan manusia. So, di sinilah pentingnya pohon dan tumbuhan yang bisa menghalangi panas matahari sampai di bumi. Selain itu, asap polusi kendaraan yang berjuta-juta kubik dibuang di bumi ini bisa dinetralkan oleh pohon, belum lagi partikel-partikel debu berhamburan di bumi ini, dengan adanya pohon dan tumbuh-tumbuhan, partikel-partikel debu dan asap polusi kendaraan dapat disaring oleh pohon dan tumbuh-tumbuhan.



Maka, tak perlu berpanjang-panjang kata lagi, sudahkah kita menanam pohon dan tumbuhan? Berapa banyak pohon dan tumbuhan yang telah kita tanam? Sebagai langkah awal, mari kita hijaukan bumi ini! Langkah ini bukan untuk siapa-siapa tapi diri kita sendiri dan anak cucu kita.


2 komentar: